Senin, 09 Mei 2011

Agar Diklik : Pasang Magnet pada Judul Posting!

Terima kasih anda telah mengklik judul posting ini. Tapi jujur saya akui tulisan ini tidak akan secanggih judulnya. Karena memang saya baru sedang latihan membuat judul posting, yaitu bagaimana caranya agar sebuah judul langsung menyedot perhatian pengunjung. Dan satu lagi tulisan ini juga bukan sebuah tutorial, tapi hanya sebuah catatan pribadi. Jadi saya ingin melihat-lihat catatan itu kembali untuk saya uji coba pada posting-posting blog ini. Sekarang saya akan membuka halaman pertama…

Apa rahasia dibalik kata?

Kata orang setiap kata punya nilai magis. Apa itu magis? Saya tidak tahu. Tapi yang pasti para penyair umumnya punya, sehingga seorang yang lumpuh di kursi roda secara tiba-tiba bisa melompat karena kekuatan kata-kata seorang penyair. Tapi apa iya? Saya tidak tahu. Tapi itulah catatan sekian tahun yang lalu.

Kadang saya jadi bingung antara kekuatan kata dengan hipnotis. Apa yang diperintahkan seorang hipnoterapis akan dilakukan oleh kliennya. Kalau begitu apa bedanya dengan penyair yang bukan ahli hipnotis ya? Satu stadion juga bisa terpukau saat ia membaca puisi. Pendengar bisa menangis, bisa menjerit, bahkan bisa disuruh berperang oleh sang penyair. Kenapa ya? Saya juga tidak tahu. Yang jelas pas ke panggung dia tidak bawa apa-apa, kecuali hanya kata-kata.

Lebih baik saya buka halaman berikutnya.

Beberapa magnet yang bisa dipasang pada judul posting: (wah…ini dia rupanya)

Pertama, selipkan kata kiasan!

Judul biasa yang masih datar misalnya: "Cara Mendatangkan Pengunjung". Sekarang pilih salah satu atau dua kata yang akan diganti dengan kata kiasan. Tapi yang diganti jangan kata kuncinya, karena kata itulah yang akan diketik pengunjung. Karena itu jangan rubah menjadi sepert ini:
  • Cara Mendatangkan Tamu Terhormat
  • Cara Mendatangkan yang diimpikan.
Kiasannya sudah tepat. Pengunjung itu memang tamu terhormat dan juga yang diimpikan. Judulnya juga sudah mengandung magnet. Tapi yang dihisap magnetnya bisa salah alamat. Bukan pengunjung blog. Karena kata kunci utamanya sudah hilang.

Sebagai contoh, sekarang cobalah ganti menjadi :
  • Rahasia mengundang pengunjung
  • Trik menyedot pengunjung
  • Rumus menyadap pengunjung
Ketiga judul ini sudah mengandung magnet yang kuat. Sudah menggoda pengunjung untuk mengklik, tapi tanpa kehilangan kata kunci, sehingga maknanya tidak berubah. Bahkan maknanya menjadi terbuka dan memancing rasa penasaran.

Kedua, Buat dalam bentuk pertanyaan

Judul biasa yang masih datar misalnya: "Sebab-sebab Pengunjung Sepi". Sekarang ganti menjadi kalimat tanya. Tapi bukan hanya sekedar menambahkan tanda tanya dibelakangnya , tapi sesuaikan susunan dan ganti beberapa katanya (ingat jangan pada kata kunci utama). Misalnya:
  • Pengunjung Sepi?
  • Blog tidak ada Pengunjung?
  • Macet dari Pengunjung?
Meskipun dengan kombinasi kata yang berbeda tapi maknanya tetap sama. Sesuai dengan lambangnya (tanda tanya) secara tidak sadar pengunjung terbawa arus untuk juga bertanya-tanya dalam hati, sehingga kalimat itu membuka ruang imajinasi dlam benaknya. Membuat mereka semakin penasaran. Dan rasa penasaran itulah magnetnya.

Ketiga, Buat dalam bentuk Dialog!

Judul biasa yang masih datar misalnya: "Dengan Blog walking bisa Mendatangkan Pengunjung". Sekarang coba kocok kata-kata tersebut menjadi sebuah dialog. Misalnya:
  • Pengunjung Sepi? Blog walking!
  • Ingin Pengunjung Kembali? Blog walking!
Meskipun kalimatnya berbeda tapi maknanya sama. Tapi kalimat dialog terasa lebih bersemangat, lebih bertenaga dan menghasut. Dan hasutan itulah yang menjadi magnetnya.

Keempat, Buat judul larangan

Magnet yang satu ini memang misterius. Karena efek maknanya kebalikan dari apa yang tertulis. Judul biasa yang masih datar misalnya: "Kunjungilah Richfedelho!" Biasanya judul seperti ini jusrtu membuat pengunjung enggan mengklik.Tapi sekarang coba dibalik: "Jangan Kunjungi Richfedelho!" Efeknya jadi terbalik. Besar kemungkinan pengunjung malah ingin buru-buru mengklik. Aneh, semakin dilarang malah semakin diklik. Jangan-jangan kalimat larangan ini justru tombol untuk menaikkan spaning magentnya. (semoga saja magnet yang satu ini belum banyak yang tahu. Karena itu contohnya harus disimpan jauh-jauh, mudah-mudahan tidak ada yang MENGKLIK


Kelima, buat judul kontroversial

Judul biasa yang masih datar misalnya: "Tampilan Richfedelho Terlihat Kurang Rapi".
Sekarang pertegaslah menjadi:
Dengan perubahan seperti ini pengunjung jadi penasaran. Karena kesannya seperti  gosip. Ia merasa diajak untuk gosip. Dalam imajinasi pengunjung judul itu seakan terlihat seperti ini: “Ssst…. Blognya si RichFedelho nggak porfesional, kacau tuh templatenya …. Ssst jangan bilang-bilang ya, kita aja yang tau”. Padahal judulnya tidak sepanjang itu. Tapi itulah pancingan dari judul tersebut, membuka ruang imajinasi gossip dalam benak pengunjung. Dan itu termasuk naluri dasar manusia.

Tapi bukan berarti isinya benar-benar mencaci maki Richfedelho. Melainkan harus pandai mengkelitnya sehingga tetap cocok dengan judulnya tanpa juga menjelek-jelekkan Richfedelhonya. Karena itu judul ini sama dengan judi. Kalau cerdas mengolahnya untungnya sangat besar: pengunjung bisa melimpah. Tapi kalau tidak reputasi penulis atau pemilik blog tesebut bisa terancam. Tapi diakui, ini temasuk magnet yan paling canggih. Penulis-penulis tangguh banyak sukses dengan judul-judul seperti ini.

Kelima, ….. jadi..n k jdl.3 4 …

(Waduh , sambungan catatannya terputus. Jangan-jangan yang kelima ini lebih menarik. Saya harus cari nih sambungannya. Kalau saya tidak salah mungkin ada di HALAMAN INI. Tapi kuncinya entah kemana. Yah... nanti saya cari dulu…. )

0 komentar:

Posting Komentar



Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com Submit Your Site To The Web's top 50 search engines for free! Free Automatic Link Free Automatic Elvira Links backlink Text Back Links Exchange Kostenlose Backlink Austausch Free Automatic Link Free Automatic Link Free Automatic Link Cárdenas.net Free Backlinks DAHOAM Free Backlinks Linki Linki Free Backlinks Teman Link Unlimited Backlink Exchange Die Gute Saat Free Automatic Link Enlaces Linkillo Free Backlinks Free Backlinks bedava - Free Backlink  - www.v8link.com Linkon Bedava - Free Backlink Free Automatic Link Backlink Exchange Auto Backlink | Free Auto Backlinks Exchanges Free Backlink

 

Welcome To Fedelho's Page

Selamat datang di Blog saya, semoga kita bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan di blog ini. Apabila berkenan, silahkan tinggalkan komentar. Mari kita saling berbagi ilmu untuk kemajuan bersama ...

Sekilas tentang penulis

My name's Byker Fedelho, I was a College Student at STMIK Potensi Utama, Medan.

Navigasi

Byker